Abstract:
Profitabilitas mempunyai arti penting dalam usaha mempertahankan
kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang. Karena profitabilitas menunjukkan
perusahaan tersebut mempuyai prospek yang baik dimasa yang akan datang.
Dengan demikian setiap perusahaan akan selalu berusaha meningkatkan
profitabilitasnya, karena semakin tinggi tingkat profitabilitasnya suatu perusahaan
maka kelangsungan perusahaan tersebut akan lebih terjamin. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio leverage, pangsa
pasar, dan intensitas modal terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan
minuman yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2016, baik secara parsial maupun
secara simultan. Populasi dan sampel dalam dalam penelitian ini sebanyak 15
perusahaan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan
datanya studi dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini yang pertama adalah leverage
berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. kedua pangsa pasar
berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. ketiga intensitas modal
berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Keempat Leverage, pangsa
pasar, dan intensitas modal berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas
pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016.