Research Repository

Analisis Perbandingan Pier Fly Over Kereta Api Medan Menggunakan Metode Strut And Tie Model Pada 3 Tipe Pier Dengan Mutu Yang Berbeda (Studi Literatur)

Show simple item record

dc.contributor.author Rizki
dc.date.accessioned 2020-11-06T08:21:43Z
dc.date.available 2020-11-06T08:21:43Z
dc.date.issued 2018-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8596
dc.description.abstract Pier merupakan elemen penting dari suatu struktur bawah jembatan yang berfungsi untuk menyalurkan beban struktur atas jembatan menuju pondasi jembatan yang kemudian diteruskan ke tanah dasar. Perencanaan beban pada jembatan dapat dianalisis menggunakan CSI Bridge yang akan menghasilkan kombinasi pembebanan yang mengakibatkan timbulnya gaya reaksi dan gaya gempa yang diterima. Pada perencanaan ini dilakukan pada jembatan kereta api layang menggunakan 3 tipe pier dengan mutu yang berbeda. Dalam perencanaan pier, terdapat berbagai metode desain, salah satunya adalah strut and tie model. Tugas akhir ini, bertujuan untuk mengetahui keretakan dan penulangan yang terjadi pada struktur pilar dengan mutu yang berbeda dengan strut and tie model dengan beban yang telah dianalisis menggunakan CSI Bridge. Perhitungan strut and tie model dilakukan berdasarkan peraturan ACI Building Code 318-2002, yang meliputi desain strut and tie model, besar gaya yang terjadi, serta penulangan pada pier. Pada analisis strut and tie model dilakukan menggunakan program CAST untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Dengan menggunakan program CAST didapat besar gaya dan tekanan strut and tie yang terjadi pada pier yang berbeda. Dimana didapat persentase keretakan yang terjadi pada 3 tipe pier dengan mutu yang berbeda, yaitu: model 1 fc’ 29,05 = 1% dan pada fc’ 41,5 = 17%; model 2 fc’ 29,05 = 2% dan pada fc’ 41,5 = 29%; model 3 fc’ 29,05 = 18% dan pada fc’ 41,5 = 42%. Sedangkan tulangan yang didapat yaitu: model 1 fc’ 29,05 = 143 D 32 dan pada fc’ 41,5 = 132 D 32; model 2 fc’ 29,05 = 100 D 32 dan pada fc’ 41,5 = 92 D 32; model 3 fc’ 29,05 = 80 D 32 dan pada fc’ 41,5 = 72 D 32.. en_US
dc.subject Pier en_US
dc.subject ACI 318-02 en_US
dc.subject strut and tie model en_US
dc.title Analisis Perbandingan Pier Fly Over Kereta Api Medan Menggunakan Metode Strut And Tie Model Pada 3 Tipe Pier Dengan Mutu Yang Berbeda (Studi Literatur) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account