Research Repository

Analisis Parameter Penurunan Elastis Pondasi Bored Pile Akibat Perbedaan Lapisan Tanah Dengan Metode Elemen Hingga Proyek Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi

Show simple item record

dc.contributor.author Putra, Muhammad Ardiansy
dc.date.accessioned 2020-11-06T08:19:27Z
dc.date.available 2020-11-06T08:19:27Z
dc.date.issued 2018-10-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8593
dc.description.abstract Pondasi adalah bagian dari suatu sistem rekayasa yang meneruskan beban yang di topang oleh pondasi dan beratnya sendiri kepada tanah dan batuan yang terletak dibawahnya. Pemilihan pondasi sangat dibutuhkan pengetahuan tentang jenis tanah, daya dukung ultimit pondasi yang harus lebih besar dari beban yang bekerja pada pondasi baik beban statik maupun beban dinamik, dan penurunan yang akan ditimbulkan akibat pembebanan tidak boleh melebihi penurunan yang diijinkan. Pengendalian mutu menjadi salah satu kunci penting keberhasilan pondasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya daya dukung dan penurunan yang terjadi pada pondasi. Pada penelitian ini digunakan metode analitis dan metode elemen hingga menggunakan bantuan program analisis yang kemudian dibandingkan dengan data hasil loading test. Data tanah yang diperoleh berupa data Standard penetration test (SPT) yang dikorelasikan kedalam parameter-parameter tanah yang dibutuhkan dalam perhitungan dengan metode elemen hingga. Berdasarkan data Standard penetration test (SPT), parameter kuat geser tanah dan data pengujian loading test yang diperoleh dan dihitung dengan beberapa metode diperoleh hasil perhitungan untuk data Standard penetration test (SPT) dengan menggunakan metode Reese & O’Neil pada titik BH-1 Qu = 336.05 ton, BH-2 Qu = 329 ton, BH-3 Qu = 328 ton. Untuk parameter kuat geser tanah menggunakan metode elemen hingga pada pada titik BH-1 Qu = 353.4 ton, BH-2 Qu = 363.9 ton, BH-3 Qu = 380.5 ton. Untuk penurunan tiang tunggal dihitung menggunakan metode Poulos dan Davis dengan beban 600 ton untuk titik BH-1 S = 14 mm, titik BH-2 S = 14 mm dan titik BH-3 S = 14 mm. Dengan metode elemen hingga titik BH-1 S = 21.58 mm, titik BH-2 S = 21.76 mm dan titik BH-3 S = 22.08 mm. en_US
dc.subject Daya dukung en_US
dc.subject Bored pile en_US
dc.subject Penurunan en_US
dc.title Analisis Parameter Penurunan Elastis Pondasi Bored Pile Akibat Perbedaan Lapisan Tanah Dengan Metode Elemen Hingga Proyek Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account