Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate
social responsibility dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan terhadap
agresivitas pajak. Pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan digunakan sebagai
variabel independen. Agresivitas pajak menggunakan proksi Effective tax rate
(ETR) sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perbankan
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Sampel berjumlah 40
terdiri atas 8 perusahaan dikalikan dengan 5 tahun penelitan. Metode pemilihan
sampel adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan untuk
menguji hipotesis adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Uji analisis regresi linier berganda yang dilakukan pada hipotesis pertama
diperoleh nilai t sebesar 2,575 dan signifikansi 0,014 menunjukkan bahwa secara
parsial pengungkapan CSR berpengaruh terhadap agresivitas pajak; pada uji
hipotesis kedua diperoleh nilai t sebesar 8,145 dan signifikansi 0 menunjukkan
bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak; dan pada uji F
untuk hipotesis ketiga diperoleh nilai F sebesar 34,472 dan signifikansi 0 yang
berarti pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh
terhadap agresivitas pajak.