Abstract:
Sebagai penyedia layanan kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sudah selayaknya puskesmas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penilaian kepuasan pelayanan kesehatan bisa diukur dengan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tersebut. Tujuan : Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Melati. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan desain studi cross sectional. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan NRR dari tiap indikator prosedur pelayanan (3,412), persyaratan pelayanan (3,422), kejelasan petugas pelayanan (3,331), tanggung jawab petugas (3,423), kemampuan petugas pelayanan (3,522), kecepatan pelayanan (3,166), keadilan mendapat pelayanan (3,522), kesopanan dan keramahan petugas (3,700), kewajaran biaya pelayanan (3,978), kepastian biaya pelayanan (3,944), kenyamanan lingkungan (3,244), keamanan lingkungan (3,367), kedisiplinan petugas pelayanan (3,400), kepastian jadwal pelayanan (3,444). Kesimpulan : Mutu pelayanan dan tingkat kepuasan sangat baik. Namun, ada 5 dari 14 indikator yang masih mendapat nilai terendah, yaitu, kecepatan pelayanan , kenyamanan lingkungan, kejelasan petugas, keamanan lingkungan dan prosedur pelayanan yang memiliki nilai rata-rata terendah (NRR).