Research Repository

Pengaruh Hubungan Geometrik Jalan Raya Dengan Tingkat Kecelakaan Ruas Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen, Cot Iju, Paya Meneng, Sp 4 Glee Kapai, Simpang Kameng, Mese (Studi Kasus)

Show simple item record

dc.contributor.author Naufal, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-11-06T06:45:44Z
dc.date.available 2020-11-06T06:45:44Z
dc.date.issued 2018-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8422
dc.description.abstract Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen merupakan jalan arteri dari dan ke kota Bireuen, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi daerah rawan kecelakaan (blackspot), mengetahui hubungan antara nilai jari-jari tikungan, derajat kelengkungan, jarak pandang henti, serta mengetahui hubungan v/c rasio dengan tingkat kecelakaan. Pengumpulan data primer yang meliputi data waktu tempuh rata-rata, kondisi geometrik jalan, perlengkapan jalan di peroleh dari survey di lapangan. Sedangkan data sekunder yang meliputi data LHR dan kecelakaan diperoleh dari Kepolisian Resort Bireuen. Dari hasil analisis geometri jalan kecepatan rencana Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen sebesar 80 km/jam, tipe jalan 1 jalur, 2 lajur. Hasil analisis diketahui lokasi daerah rawan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen terletak pada daerah SP 4 Glee Kapai, yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan adalah Jarak pandang henti operasional daerah paling rawan SP 4 Glee Kapai yaitu 55,19 m < 120 m dan Jarak pandang menyiap daerah paling rawan yaitu SP 4 Glee Kapai 246,71 m < 350 m. Sedangkan untuk hubungan antara v/c rasio tingginya tingkat kecelakaan dengan derajat kejenuhan, karena hasil perhitungan derajat kejenuhan dari lokasi survei yaitu kurang dari 1 berarti jalan tersebut lalu lintasnya lancar sehingga para pengendara kemungkinan besar mengendarai dengan kecepatan tinggi sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan. en_US
dc.subject geometrik en_US
dc.subject kecelakaan en_US
dc.subject v/c rasio en_US
dc.title Pengaruh Hubungan Geometrik Jalan Raya Dengan Tingkat Kecelakaan Ruas Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen, Cot Iju, Paya Meneng, Sp 4 Glee Kapai, Simpang Kameng, Mese (Studi Kasus) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account