dc.contributor.author |
Hasibuan, Nur Anisah |
|
dc.date.accessioned |
2020-03-01T05:38:40Z |
|
dc.date.available |
2020-03-01T05:38:40Z |
|
dc.date.issued |
2019-09-25 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/840 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2018/2019, untuk mengetahui seberapa besar peranan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan etika komunikasi interpersonal siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experiment dengan one group pre-test post-test desain. Sampel penelitian ini sebanyak 8 orang siswa dari kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia. Diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Angket (Kuesioner) dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji Normalitas dan Uji T-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada peningkatan signifikan etika komunikasi interpersonal siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji T-test etika komunikasi interpersonal siswa (t = -15,488, maka p <0,05) yang berdasarkan kriteria penerimaan atau penolakan hipotesis itu berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan etika komunikasi interpersonal siswa SMP PAB 2 Helvetia. Layanan bimbingan kelompok adalah solusi yang tepat untuk menangani masalah etika komunikasi interpersonal. |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara |
en_US |
dc.subject |
Layanan Bimbingan Kelompok |
en_US |
dc.subject |
Etika Komunikasi Interpersonal |
en_US |
dc.title |
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Etika Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2018/2019 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |