Abstract:
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggung
jawab sosial yang ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing
Organization for Islamic Financial Institutions) sebagai standar dalam
pengungkapan berdasarkan pada prinsip-prinsip ke-Islaman. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan
Leverage terhadap Islamic Social Reporting (ISR) pada Bank Umum Syariah di
Indonesia. Pengungkapan Islamic Social Reporting diukur dengan memberikan
nilai pada indeks Islamic Social Reporting.
Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia
periode 2013-2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
metode purposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak
11 sampel Bank Umum Syariah dengan 44 annual report. Data yang digunakan
dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari annual report
dan laporan keuangan.
Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier
berganda. Hasil dari uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa ukuran
perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan
Islamic Social Reporting. sedangkan secara simultan ukuran perusahaan,
profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social
Reporting, serta secara parsial penelitian ini tidak berhasil menemukan adanya
pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan Islamic
Social Reporting, sementara secara parsial penelitian ini berhasil menemukan
adanya pengaruh Leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.