Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang masih dialami peserta didik dalam memahamimater pada buku paket. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan merancang modul pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM yang dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana produk modul pembelajaran matematika, kelayakan dan kemenarikan terhadap modul pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada para ahli untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari para ahli sangat layak (ahli materi 4, 72 dan 4, 78 dan ahli media 8, 92), respon peserta didik sangat menarik (Uji coba lapangan 5,98). Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah.