dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak
keamanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pengguna jasa transportasi grab
pada mahasiswa UINSU, UMSU dan UNIMED. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah keamanan pengguna jasa karena masih memiliki pro kontra dengan
angkutan umum lain, harga dari grab yang tidak stabil pada kondisi tertentu dan
promosi yang tidak bisa di gunakan setiap saat. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa UINSU, UMSU dan UNIMED yang menggunakan grab. Sampel yang
diambil menggunakan nonprobability sampling yang di batasi oleh 100 responden
dengan teknik accidental sampling yaitu teknik dengan cara kebetulan. Berdasarkan
hasil analisis dari hasil Uji-t dan pengolahan data melalui SPSS diperoleh nilai ttabel
1,660 dan thitung dari keamanan (X1) sebesar 0,839 dengan angka signifikan 0,404
yang berarti 0,839 < 1,660 dan 0,404 > 0,10 disimpulkan bahwa tidak ada hubungan
antara keamanan terhadap kepuasan pengguna jasa grab yang selama ini dirasakan.
Diperoleh thitung dari harga (X2) sebesar 8,986 yang memiliki angka signifikan
sebesar 0,000 yang berarti 8,986 > 1,660 dan 0,000 < 0,10 dapat disimpulkan bahwa
adanya hubungan positif antara harga yang diberikan oleh grab terhadap kepuasan
pengguna jasa grab selama ini. Diperoleh thitung dari promosi (X3) sebesar 8,933 yang
memiliki angka signifikan sebesar 0,000 yang berarti 8,933 > 1,660 dan 0,000 < 0,10
dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif dari promosi (potongan harga)
yang diberikan oleh grab terhadap kepuasan pengguna jasa saat menggunakan jasa
transportasi online grab selama ini. Dengan Uji-F dan pengolahan data SPSS
diketahui bahwa nilai Ftabel sebesar 2,70 dan memiliki angka Fhitung dari semua
variabel independet keamana (X1), harga (X2) dan Promosi (X3) yaitu 20,174 dengan
angka signifikan 0,000
atau 20,174 > 2,70 dan 0,000 < 0,10 disimpulkan bahwa
adanya hubungan positif dari keamanan , harga dan promosi terhadap kepuasan
pengguna jasa transpotasi grab. Dari hasil pengujian determinasi (R2) di peroleh
nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,863 (86,3%), itu berarti 86,3%
kepuasan pengguna jasa grab dapat di diterangkan oleh keamanan (X1), harga (X2)
dan promosi (X3) dan 13,7% di terangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti |
en_US |