dc.description.abstract |
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
dari kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality) dan
loyalitas merek (brand loyalty) terhadap minat beli konsumen Traveloka.
Penelitian dilakukan guna mengetahui pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap
minat beli secara parsial dan juga secara simultan.
Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
pendekatan asosiatif (hubungan). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Fakultas Ekonomi dan
Bisnis dan berdasarkan populasi tersebut penulis mengambil sampel sebanyak 70
orang responden yang membeli produk Traveloka baik melalui website maupun
aplikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data
yg digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesadaran merek (brand
awareness) berpengaruh positif terhadap minat beli, hal ini dibuktikan dengan
nilai thitung 2,168 > 1,995 ttabel dan koefisien regresi sebesar 0,921; (2) persepsi
kualitas (perceived quality) berpengaruh negatif terhadap minat beli konsumen,
dimana hasil penelitian menunjukkan thitung -0,081 < 1,995 ttabel dan koefisien
regresi sebesar -0,035; (3) Sedangkan loyalitas merek (brand loyalty) berpengaruh
positif terhadap terhadap minat beli, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 2,190 >
1,995 ttabel dan dan koefisien regresi sebesar 0,715; (4) terdapat pengaruh positif
dan signifikan kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived
quality) dan loyalitas merek (brand loyalty) secara simultan terhadap minat beli
konsumen Traveloka, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 9,245 > 2,74 Ftabel
dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji R
2
pada penelitian ini diperoleh
2
nilai R
sebesar 29,60%, sedangkan sisanya sebesar 70,40% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. |
en_US |