dc.description.abstract |
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh mengetahui pengaruh citra terhadap kepuasaan pasien, untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien dan untuk
mengetahui pengaruh pengaruh citra dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan
pasien Rumah Sakit dr. GL. Tobing. Teknik sampling yang digunakan adalah
accidental sampling. Accidental sampling adalah teknik pengambilan sampel
berdasarkan kebetulan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
sebanyak 80 pelanggan yang melakukan pengiriman surat pada perusahaan
Rumah Sakit dr. GL. Tobing.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item
Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis
dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
dan signifikan variabel citra (X1), terhadap variabel kepuasan pasien (Y) yang
ditunjukkan thitung (3,058) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi sebesar 0,003<
0,05, pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan (X2), terhadap
variabel kepuasan pasien (Y) yang ditunjukkan diperoleh kualitas pelayanan
diperoleh thitung (7,666) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05, dan secara simultan pengaruh citra dan kualitas pelayanan yang ditunjukkan
Fhitung (114,942) > Ftabel (3.11) dengan tingkat signifikasi 0.0000, dengan nilai R
Square yaitu sebesar 0,749 atau 74,9%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya promosi, harga dan variabel
lainnya |
en_US |