dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan hasil belajar yang diajar menggunakan model ROPES pada siswa kelas XI AK SMK PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018. Dengan rumusan masalah yaitu hasil belajar siswa yang rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK, dengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa dalam bentuk tes sebanyak 9 item, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetehui tingkat validitas dan reliabilitas. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Uji t. Dari hasil analisis data kelas XI AK yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction diperoleh rata – rata 76,97 dengan standar deviasi 14,27. Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran ROPES diperoleh rata – rata 64,25 dengan standar deviasi 12,25. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan α = 0,05 pada pengamatan N = 32 siswa didapat thitung > ttabel yaitu 12,410 > 2,042 dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran ROPES di kelas XI AK SMK PAB 8 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. |
en_US |