Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem
pengendalian intern pada pemungutan pajak reklame pada Badan Pengelola Pajak
dan Retribusi Daerah Kota Medan.
Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis data
kuantitatif, penelitiaan ini dilakukan dengan data yang diterima dari Badan Pengelola
Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan yang cukup jelas untuk menganalisis serta
membandingkan dengan teori yang ada. Data yang dipakai merpakan data primer
dan sekunder. Dimana data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa
target realisasi penerimaan pajak reklame.
Hasil penelitian menunjukkan lingkungan pengendalian intern dalam
prosedur pemungutan pajak reklame belum efektif. Secara umum sistem dan
prosedur pemungutan sudah baik, ditemukan yang berkaitan dengan penilaian resiko
ialah masih banyaknya masyarakat yang tidak membayar kewajiban pajaknya setelah
menerima SKPD dan kurangnya pengawasan dalam melakukan pemungutan.
Kendala yang masih dihadapi adalahmasih banyak reklame reklme yang belum
berizin dan wajib pajak besikap pasif menyangkut kewajibannya membayar pajak
terhutang, serta terdapat keterlambatan dalam pembayaran pajak yang dilakukan
wajib pajak