Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ragam konotasi kolektif dalam komunikasi informal kalangan pelajar SMA.Ragam konotasi kolektif terbagi sebelas yaitu Konotasi Tinggi, Konotasi Ramah, Konotasi Berbahaya, Konotasi Tidak Pantas, Konotasi Tidak Enak, Konotasi Kasar, Konotasi Keras, Konotasi Bentukan Sekolah, Konotasi Kanak-kanak, Konotasi Hipokoristik, dan Konotasi Nonsens. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan data yang dianalisis adalah kualitatif.Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah komunikasi informal antar pelajar yang mengandung kata atau kalimat konotasi.Data tersebut dianalisis sesuai dengan ragam konotasinya.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, rekam suara dan rekam video.Dari hasil analisis terdapat data ragam konotasi kolektif pada kalangan pelajar di SMA Asy-Syafi‟iyah yang dibagi-bagi berdasarkan pengelompokkan ragam konotasi kolektif.