Research Repository

Analisa Perbandingan Kekuatan Struktur Jembatan Menggunakan Gelagar I Terhadap Sistem Baja Prategang Sebagai Fungsi Jembatan Jalan Raya

Show simple item record

dc.contributor.author Zebua, Maimuna
dc.date.accessioned 2020-11-05T08:18:39Z
dc.date.available 2020-11-05T08:18:39Z
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8039
dc.description.abstract embatan merupakan bagian dari prasarana transfortasi yang berfungsi sebagai penghubung jalan yang terputus baik karena kondisi alam maupun karena sebab lainnya seperti (sungai, darat, laut, lembah, prasarana transfortasi lainnya). Gelagar baja prategang adalah gelagar baja yang dipasangi kabel prestress (tendon) seperti halnya pada beton prategang. Pemasangan tendon pada gelagar baja dilakukan diluar penampang profil sehingga disebut external prestressing. Struktur jembatan ini direncanakan sebagai fungsi jembatan jalan raya. Struktur jembatan menggunakan gelagar baja profil I dengan bentang 40 m dan lebar 9 m. Perencanaan jembatan mengacu pada AASHTO 2012, peraturan tentang pembebanan jembatan berdasarkan SNI 1725-2016 dan peraturan tentang beban gempa berdasarkan SNI 2833-2016. Analisa ini bertujuan untuk membandingkan kekuatan I girder baja sebelum dan sesudah diberi gaya prategang terhadap lendutan dan kekuatan. Analisa ini dimodelkan dengan menggunakan bantuan software Analisa Struktur. Hasil analisa didapat nilai terbesar dari lendutan sebesar 0,001524 m, momen sebesar 17715,916 kN.m, dan gaya geser sebesar 788,9459 kN. Sehingga jembatan I girder menggunakan tendon lebih efisien dibanding tanpa tendon en_US
dc.subject Jembatan jalan raya en_US
dc.subject I girder baja en_US
dc.title Analisa Perbandingan Kekuatan Struktur Jembatan Menggunakan Gelagar I Terhadap Sistem Baja Prategang Sebagai Fungsi Jembatan Jalan Raya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account