dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah
diberikan layanan penguasaan konten melalui teknik aktivasi terhadap
pengembangan sikap dalam kelompok belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 57 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Total populasi dalam
penelitian ini adalah 84 orang siswa, maka penulis mengambil sampel atau objek
berdasarkan siswa yang mengalami masalah tentang kelompok belajar dari setiap
kelas sehingga total objek keseluruhan adalah 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah
eskperimen, yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakukan
kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten teknik aktivasi siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 57 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 sebanyak 40
siswa dengan 12 item angket dengan nilai tertinggi 58 dan terendah 27. Hasil
pengembangan sikap dalam kelompok belajar kelas VIII di SMP Muhammadiyah
57 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebanyak 40 siswa dengan 12 item
angket dengan nilai tertinggi 59 dan terendah 33. Berdasarkan hasil perhitungan
yang peneliti lakukan maka terdapat pengaruh layanan penguasaan konten teknik
aktivasi terhadap pengembangan sikap dalam kelompok belajar, karena >
yaitu 7,312 > 1,685 dan > 0,538 > 0,257 berarti ada pengaruh
antara variabel X dan variabel Y. Hal ini menunjukan bahwa ditolak
diterima. Hasil uji determinasi diperoleh sebesar 28,9% selebihnya 71,1%
dipengaruhi oleh variabel lain. |
en_US |