dc.contributor.author |
Purba, Nurul Fadillah Rizki |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-05T07:52:27Z |
|
dc.date.available |
2020-11-05T07:52:27Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8009 |
|
dc.description.abstract |
Konseling kelompok adalah salah satu teknik bimbingan. Konseling kelompok
merupakan bagian terpadu dari keselryhan program bimbingan dan konseling
komprehensif yaitu bagian terpadu dari keseluruhan program pendidikan setiap
sekolah sesuai dengan perkembangan siswa atau klien. Klien mengalami
kesukaran pribadi yang tidak dapat ia pecahkan sendiri, kemudian ia meminta
bantuan konselor sebagai petugas yang profesional dalam jabatannya dengan
pengetahuan dan keterampilan psikologi. Penelitian ini ditjukan untuk mengetahui
bagamina pelaksanan layanan konseling kelompok teknik assertive training ntuk
meningkatkan kejujuran siswa atau klien. penelitian ini merupakan penelitian
menggunakan pendekatan deskripitif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak
10 orang siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang bermasalah
dengan pribadi kejujuranya. Pengambilan data dilakukan selama 4 minggu dengan
melalui tahapan konseling kelompok. Data yang diperoleh dilapangan dari hasil
wawancara dan observasi untuk kemudian dilakukan analisis data dengan
menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui terjadinya peningkatan kejujuran
pada siswa, hal ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa dalam kesehari-
hariannya. |
en_US |
dc.subject |
Layanan Konseling Kelompok |
en_US |
dc.subject |
Teknik Assertive Training |
en_US |
dc.subject |
Kejujuran |
en_US |
dc.title |
Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Kejujuran Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019 |
en_US |