Research Repository

Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Kejujuran Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Purba, Nurul Fadillah Rizki
dc.date.accessioned 2020-11-05T07:52:27Z
dc.date.available 2020-11-05T07:52:27Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8009
dc.description.abstract Konseling kelompok adalah salah satu teknik bimbingan. Konseling kelompok merupakan bagian terpadu dari keselryhan program bimbingan dan konseling komprehensif yaitu bagian terpadu dari keseluruhan program pendidikan setiap sekolah sesuai dengan perkembangan siswa atau klien. Klien mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat ia pecahkan sendiri, kemudian ia meminta bantuan konselor sebagai petugas yang profesional dalam jabatannya dengan pengetahuan dan keterampilan psikologi. Penelitian ini ditjukan untuk mengetahui bagamina pelaksanan layanan konseling kelompok teknik assertive training ntuk meningkatkan kejujuran siswa atau klien. penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan deskripitif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 10 orang siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang bermasalah dengan pribadi kejujuranya. Pengambilan data dilakukan selama 4 minggu dengan melalui tahapan konseling kelompok. Data yang diperoleh dilapangan dari hasil wawancara dan observasi untuk kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui terjadinya peningkatan kejujuran pada siswa, hal ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa dalam kesehari- hariannya. en_US
dc.subject Layanan Konseling Kelompok en_US
dc.subject Teknik Assertive Training en_US
dc.subject Kejujuran en_US
dc.title Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Kejujuran Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account