dc.description.abstract |
Bimbingan kelompok meyakini manusia dapat menentukan dan memilih tingkah
lakunya sendiri. Bahwa setiap individu hams bertanggung jawab dan bersedia
menerima konsekuensi dari tingkah lakunya. Dan bertanggung jawab bukan hanya
pada apa yang dilakukannya melainkan apa yang difikirkannya. Pernyataan
tersebut mengandung makna bahwa individu itu, apabila menginginkan apa yang
diinginkan dan mencapai identitas keberhasilan, ia harus bertanggung jawab
menjalin hubungan yang bermakna dengan Iingkungannya. Penelitian ini
dilaksanakan di smp swasta Imelda medan yang beralamatkan di jl. Bilal No. 52
Medan Timur, Kota Madya Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Adapun yang
menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagairnana meningkatkan pola hidup
sehat bersih dengan teknik positive reinforcement melalui Iayanan birnbingan
kelompok di kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana penempan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi
pola hidup sehat bersih siswa yang bermasaiah pada siswa SMP Swasta Imelda
Medan. Subjei-L daiam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII SMP Swasta
Imelda Medan. Sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kela VIII SMP
Swasta Imelda Medan yang betjumiah I0 orang. Dalam penelitian ini
menggunakan Kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data dan
interprestasi data yang peneliti lakukan dapat disimpulkan : Iayanan bimbingan
kelompok pola hidup sehat bersih menggunakan teknik positive reinforcement
adalah solusi yang paling tepat dalam mengatasi poia hidup sehat bersih siswa
yang kurang baik, karena mengingat masalah tersebut memang harus dilakukan
dengan mengembaiikan prilaku yang menyimpang dengan membuat perencanaan
prilaku yang harus dilakukan oleh siswa itu sendiri, guru bimbingan dan konseling
memberikan penjelasan cara bagaimana mengatasi pola hidup sehat bersih siswa
yang kurang baik dan untuk meiakukan itu harus dilakukan kegiatan layanan
bimbingan kelompok dengan pendekatan positive reinforcement. |
en_US |