Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan, konsultasi dan
pengawasan oleh Account Representative terhadap kepatuhan wajib pajak.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur, dari populasi yang ada dapat ditentukan
sampel sebanyak 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
data kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, dengan
cara mengumpulkan data-data melalui penelitian lapangan (field research) yang
dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Metode
pengolahan data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil uji regresi
ditemukan bahwa secara parsial variabel pelayanan, konsultasi dan pengawasan
oleh Account Representative berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib
pajak, secara simultan variabel pelayanan, konsultasi dan pengawasan oleh
Account Representativeberpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Selanjutnya diperoleh nilai koefisien korelasi (R) 0,587 dan nilai Adjusted R
Squaresebesar 0,325menunjukkan bahwa pelayanan, konsultasi dan pengawasan
oleh Account Representativememiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak
sebesar 32,5% dan 67,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak
disertakan dalam penelitian ini.