Research Repository

Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotive Therapy (RET) Dalam Meningkatkan BerpikirPositif Siswa Kelas XI SMAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Saragih, Cahaya Bulan
dc.date.accessioned 2020-11-05T06:06:51Z
dc.date.available 2020-11-05T06:06:51Z
dc.date.issued 2019-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7937
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran berpikir positif siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy. Tingkat berpikir positif siswa sebelum dilakukan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy berada pada kategori sangat rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI yang tingkat berpikir positifnya rendah. Penelitian ini menggunakan model One Group Pre-Test and Post-Test Design dengan pemberian konseling kelompok rational emotivetherapysebagai bentuk perlakuan. Dari hasil analisis data kelompok dengan menggunakan penghitungan SPSS 22.0 for windows evaluation dan dapat diketahui mean dari siswa yang telah diberikan pretest dan posttestsebesar 25,25 dan standar devitasi sebesar 7,40. Nilai uji t-9,649 tanda (-) negative dan nilai Sig,(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada skor berpikir positif siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan penerapan konseling kelompok dengan pendekatanrational emotivetherapy. en_US
dc.subject Konseling Kelompok en_US
dc.subject Rational Emotive Therapy (RET) en_US
dc.subject Meningkatkan Berpikir Positif. en_US
dc.title Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotive Therapy (RET) Dalam Meningkatkan BerpikirPositif Siswa Kelas XI SMAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account