dc.description.abstract |
Bimbingan kelompok merupakan upaya layanan yang diberikan kepada
siswa agar mampu mengatasi permasalahan - permasalahan yang dialaminya, baik
yang bersifat pribadi maupun sosial, sehingga mampu membina hubungan sosial
yang harmonis di lingkungannya.Bimbingan kelompok dalam bimbingan dan
konseling mengajarkan siswa untuk dapat berpikir lebih baik dari setiap
permasalahan yang dihadapi.Kurangnya kemampuan berargumentasi pada diri
siswa tentu dapat mengganggu proses kegiatan belajar dan mengajar di dalam
kelas, dan menjadikannya berjalan tidak efektif. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan
bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengembangkan kemampuan
berargumentasi siswa kelas XI SMK Mayjend Sutoyo SM TahunPembelajaran
2018/2019.Untuk menentukan objek dalam penelitian ini menggunakan Purposive
Sampling (sampel berkriteria) sebanyak 9 siswa. Adapun instrument dalam
penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan siswa yang
bersangkutan dan orang - orang yang dapat memberikan informasi tentang yang
diteliti.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat
diketahui bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk
mengembangkan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI SMK Mayjend
Sutoyo SM Tahun Pembelajaran 2018/2019 sudah berjalan denganbaik. |
en_US |