dc.description.abstract |
Pier dan pier head merupakan hal yang sangat penting dan sangat mendasar yang
akan mempengaruhi estetika, keekonomisan serta perilaku struktur dari jalan
layang. Pier didesain dalam 8 variasi model yaitu 4 dimensi untuk tinggi pier dan
4 dimensi untuk bentang pier head. Pier akan menerima gaya dari gelagar yang
telah didesain menggunakan software akibat gaya reaksi dan gaya gempa
sehingga akan mengalami gaya tekan yang besar. Apabila gaya tekan sangat besar
maka akan terjadi alur retak dari pengaruh beban tersebut. Dalam perencanaan
pier, terdapat berbagai metode desain, salah satunya adalah analisa pushover.
Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi perencanaan
variasi ukuran bentang pier head dan tinggi pier dengan analisa pushover.
Perhitungan analisa pushover pada tugas akhir ini dilakukan berdasarkan
peraturan FEMA 356 yang meliputi displacement yang terjadi pada saat kondisi
collapse dengan menggunakan analisa software. Dari hasil analisa dan
perhitungan yang dilakukan, perubahan pada tinggi pier mempengaruhi
displacement yang terjadi pada analisa pushover, sedangkan pada perubahan
tulangan dan dengan menggunakan dimensi yang sama tidak mempengaruhi
displacement yang terjadi tetapi hanya mempengaruhi base force yang terjadi. |
en_US |