dc.description.abstract |
Perkerasan jalan raya adalah campuran antara agregat dan bahan ikat yang
digunakan untuk mendukung beban lalu lintas.Pada perkerasan lentur
kekakuannya atau kekuatannya sendiri untuk mendukung beban lalu lintas yang
diterima perkerasan lentur dapat dibayangkan seperti lembaran karet, sebenarnya
perkerasan lentur juga punya kekakuan yang mampu mendukung beban meskipun
tidak sekuat lembaran baja atau pun beton. Pembangunan jalan lintas Lubuk
pakam – Batang Kuis terletak di Kec. Batang Kuis dengan paket pengerjakan
dimulai dari 0+000 sampai dengan 2+300. Arus lalu lintas pada jalan eksisting
pada saat ini mengalami penambahan beban lalu lintas yang relatif besar.Langkahlangkah perhitungan yang diperlukan dalam merencanakan tebal perkerasan jalan.
Dengan berlandasan pada permasalahan maka tujuan dari penulisan tugas akhir ini
adalah sebagai berikut “Meninjau Peningkatan Ruas Jalan Lubuk Pakam – Batang
Kuis (Jalan 1 Jalur 2 arah) Kecamatan Bt.Kuis Kabupaten Deli Serdang untuk
umur rencana 20 tahun mendatang”.Maksud dan tujuan dari tebal perkerasan
adalah untuk mengetahui berapa tebal perkerasan jalan pada daerah Lubuk Pakam
– Batang Kuis dengan AC-Base 7,5 cm, AC-BC = 6 cm, AC-WC =4 cm, LPB =
30, LPA = 15 Urugan pilihan = 55cm. Metodologi perhitungan analisa data dalam
tugas akhir ini adalah metode analisa komponen dan metode Bina Marga 1987,
Dari hasil perhitungan tebal perkerasan yang didapat hasil untuk LASTON =
17,75 cm, lapisan pondasi atas yaitu batu pecah kelas A = 15 cm, lapisan pondasi
bawah yaitu sirtu kelas B = 30 cm, dan urugan pilihan sirtu = 55 cm dan untuk
tebal lapisan perkerasan tambahan (overlay) untuk 20 tahun mendatang sebesar 5
cm. |
en_US |