dc.description.abstract |
Adapun yng menjadi rumusan dalam masalah ini adalah bagaimana kan
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap
perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP Al-hidayah medan tahun
pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap
perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP Al-hidayah medan tahun
pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP AL-hidayah medan.
Adapun populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa yang terdiri dari 4 kelas.
Sampel yang diambil ini purposive sampling yaitu sampel yang memiliki ciri-ciri
tertentu dalam penelitian adalah anak yang memilik prilaku prokrastinasi yang
berjumlah 27 siswa. Data yang diambil menggunakan instrumen angket skala
likert yang berjumlah 18 item yang kemudian diuji validitas hingga mendapatkan
16 item yang menjaring data layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan
realita dan 12 item pernyataan untuk menjaring data prilaku prokrastinasi.
Hasil analisis korelasi termaksud dalam kategori interprestasi cukup.
Mengemukakan adanya hubungan positif antara layanan bimbingan kelompok
dengan prilaku prokrastinasi siswa, nilai 𝑟β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,5050 Dan 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 0,381
jadi 𝑟β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 0,5050>0,381 dari hal tersebut menunjukkan bahwa
adanya pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap
perubahan prilaku prokrainasi siswa berdasarkan nilai determinasi r2 diperoleh
nilai sebesar 0,2550 .hal imi menujukkan prilaku prokrastinasi siswa sebesar
25,50 % Kemudian dapat dilihat dari pengujian dari hipotesis uji βtβ diketahui
adanya pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dengan pendekatan
realita dan prilaku prokrastinasi dengan 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,9255>2,0518
berdasarkan perhitungan diatas diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 2,9255 sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,0518
maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Perubahan Prilaku Prokrastinasi
Siswa Kelas VII Smp Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 |
en_US |