Research Repository

pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realitas terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP AL-Hidayah tahun ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ariani.
dc.date.accessioned 2020-11-05T05:50:04Z
dc.date.available 2020-11-05T05:50:04Z
dc.date.issued 2017-03-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7909
dc.description.abstract Adapun yng menjadi rumusan dalam masalah ini adalah bagaimana kan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP Al-hidayah medan tahun pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP Al-hidayah medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP AL-hidayah medan. Adapun populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang diambil ini purposive sampling yaitu sampel yang memiliki ciri-ciri tertentu dalam penelitian adalah anak yang memilik prilaku prokrastinasi yang berjumlah 27 siswa. Data yang diambil menggunakan instrumen angket skala likert yang berjumlah 18 item yang kemudian diuji validitas hingga mendapatkan 16 item yang menjaring data layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita dan 12 item pernyataan untuk menjaring data prilaku prokrastinasi. Hasil analisis korelasi termaksud dalam kategori interprestasi cukup. Mengemukakan adanya hubungan positif antara layanan bimbingan kelompok dengan prilaku prokrastinasi siswa, nilai 𝑟β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,5050 Dan 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 0,381 jadi 𝑟β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 0,5050>0,381 dari hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap perubahan prilaku prokrainasi siswa berdasarkan nilai determinasi r2 diperoleh nilai sebesar 0,2550 .hal imi menujukkan prilaku prokrastinasi siswa sebesar 25,50 % Kemudian dapat dilihat dari pengujian dari hipotesis uji β€œt” diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dengan pendekatan realita dan prilaku prokrastinasi dengan 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,9255>2,0518 berdasarkan perhitungan diatas diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 2,9255 sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,0518 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Perubahan Prilaku Prokrastinasi Siswa Kelas VII Smp Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Realita en_US
dc.subject Prilaku Prokrastinasi en_US
dc.title pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realitas terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP AL-Hidayah tahun ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account