dc.description.abstract |
Layanan penguasaan konten merupakan suatu bimbingan dan konseling yang
mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan
belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan dalam
kehidupannya terutama dalam hal belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Muhammadiyah 06 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitataif dengan subjek
yaitu peneliti dan guru bk, dan objek peneliti adalah siswa kelas VII sebanyak 10
siswa yang kurang mampu untuk meningkatkan keterampilan berbicaranya.
Proses pengambilan data dilakukan selama lima minggu yakni pada bulan JuliAgustus
2019,
dengan
teknik
pengumpulan
data,
observasi
dan
wawancara.
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
dilakukan:
pelaksanaan
layanan
penguasaan
konten
untuk
meningkatkan
keterampilan
berbicara
siswa
yang
dilakukan
oleh
peneliti
berjalan
dengan
optimal
dan
berhasil
meningkatkan
keterampilan
berbicara
siswa
dilihat
dari
hasil
observasi
dan
wawancara.
Dan
hal
ini
terbukti
pada
perubahan
siswa,
yang
tadinya
tidak
mampu
mengolah
kata
saat
maju
ke
depan
dan
sekarang
menjadi
lebih
meningkat
keterampilan
berbicara
nya,
karena
ketidakmampuan
dalam
berbicara
berdampak buruk
pada
hasil
nilai
paraktek
dan
siswa
tersebut
akan
cenderung
jadi
pemalu.
Perubahan
siswa
tersebut
setelah
mendapatkan
layanan
penguasaan
konten
dalam
upaya
pencapaian
sasaran
yang
dilakukan
bersama
antara
siswa
dan
guru
bimbingan
konseling
mencapai
80,00%.
Dengan
demikian
bimbingan
dan
konseling
sangat
berperan
penting. |
en_US |