dc.description.abstract |
Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan
layanan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman
multiple intelligence siswa menggunakan layanan informasi pada siswa kelas IX
di SMP Muhammadiyah 48 Medan.
Subjek penelitian ini adalah kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Medan
yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu sebesar 30 orang yang diambil berdasarkan skor total
dari pengisian instrumen angket yang mengandung pemahaman multiple
intelligence siswa yang di sebar pada siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya layanan
informasi (pretest) pemahaman multiple intelligence siswa cenderung rendah
dengan rata-rata 70,8 dan setelah diberikannya layanan informasi (posttest)
mengalami peningkatan dengan rata-rata 110,7.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan
signifikan tentang pemahaman multiple intelligence siswa sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan layanan informasi, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan informasi
berhasil meningkatkan pemahaman multiple intelligence siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 48 Medan. |
en_US |