Research Repository

Evaluasi Kinerja Persimpangan Penambahan Pelebaran Persimpangan Pada Ruas Di Jalan Abdul Haris Nasution

Show simple item record

dc.contributor.author Handoko, Ary
dc.date.accessioned 2020-11-05T02:50:13Z
dc.date.available 2020-11-05T02:50:13Z
dc.date.issued 2019-09-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7783
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi jalan di kawasan Jalan Abdul Haris Nasution (simpang sejati) yang sebelumnya memiliki volume lalu lintas tinggi sehingga terjadi kemacetan dan tidak teratur. Hal ini merupakan alasan mendasar bagi saya untuk meneliti dan menjadikan sebagai judul Tugas Akhir saya yang berjudul Evaluasi Kinerja Persimpangan Penambahan Pelebaran Persimpangan Pada Ruas di Jalan Abdul Haris Nasution. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja simpang dan menganalisis alternatif pemecahan masalah yang tepat. Maka dilakukan analisa terhadap kapasitas dan tingkat kinerja dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan menghitung rencana traffic light dengan metode Webster. Survey dilakukan 7 hari penuh dimulai pada pukul 07.00 wib sampai dengan sore pukul 18.00 wib dan didapatkan berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkan perencanaan traffic light didapatkan hasil yaitu Waktu hijau aktual (WHA1) fase 1 (utara) = 19 detik, WHA2 fase 2 (barat) = 97 detik, WHA3 fase 3 (timur) = 103 detik, dan WHA4 fase 4 (selatan = 19 detik. Waktu merah aktual (WMA1) fase 1 (utara) = 225 detik, WMA2 fase 2 (barat) = 147 detik, WMA3 fase 3 (timur) 141 detik, WHA4 fase 4 (selatan) = 225 detik. Juga berdasarkan hasil evaluasi peningkatan kinerja di Jalan Abdul Haris Nasution (simpang sejati), didapat data volume lalu-lintas dari Dinas Perhubungan Kota Medan pada tahun 2016 didapat harian rata-rata maksimum pada bulan Juli, 2016 yaitu 15178 kend/hari atau 10300 smp/hari dan setelah peningkatan sebesar yaitu 37498 kend/hari atau 23244 smp/jam. Co sebelum = sebesar 837 smp/jam, Co Sesudah 1560 smp/jam.V/C Ratio sebelum = 12,3, V/C Ratio sesudah = 15. Fv sebelum = 52,53 km/jam dan Fv sesudah = 58,71 km/jam. Tidak adanya hambatan samping.Total LHR pada tahun 2016 = 36090 kend/ 2 hari, total LHR pada tahun 2019 = 48034 kend/ hari, LEP = 1.4, LEA = 18.85 , LET = 10.125, LER = 10,125, ITP = 4,5 en_US
dc.subject Traffic Light en_US
dc.title Evaluasi Kinerja Persimpangan Penambahan Pelebaran Persimpangan Pada Ruas Di Jalan Abdul Haris Nasution en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account