dc.description.abstract |
Masih banyak dijumpai siswa yang memiliki permasalahan
kepercayaan dirinya yang berpengaruh kedalam kehidupannya sehari-hari.
Siswa yang memiliki permasalahan kepercayaan diri kelas XI SMA
Harapan Mekar Marelan. Hal ini terjadi karena permasalahan dalam diri
siswa belum terselesaikan. Misal ketika siswa dimintai untuk mengeluarkan
pendapat tentang sesuatu, siswa tidak mau, malah siswa diam saja. Ada pula
ketika siswa dimintai guru untuk maju kedepan, siswa juga tidak mau
terkadang mereka takut ditertawakan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dalam meningktkan
kepercayaan diri dengan menggunakan metode intruksi (Self-Intruction
Methode) kelas XI SMA Harapan Mekar Marelan.Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan
konseling dan guru wali kelas XI SMA Harapan Mekar Marelan, dan objek
penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI yag memiliki permasalahan
dalam kepercayaan diri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan menggunakan observasi dengan wawancara. Adapun teknik analisis
data pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian
data, kesimpulan selama penelitia berlangsung. Maka dari hasil tersebut
dapat dilihat meningkatnya kepercayaan diri siswa. Dengan demikian
Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan
Kepercayaan Diri Dengan Menggunakan Metode Intruksi (Self-Intruction
Method) Pada Siswa Kelas XI SMA Harapan Mekar Marelan Tahun
Pembelajarab 2019/2020 dapat meningkatkan kepercayaan diri . Hal ini
dapat dilihat dari hasil layanan konseing kelompok yang telah diberikan,
pada pertemuan pertama sebesar 4,125% dan pada pertemuan kedua 7,125% |
en_US |