Research Repository

Penerapan Layanan Konseling Kelopok Dengan Teknik Diskusi Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan tahun ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Mulia, Anisa Fitri
dc.date.accessioned 2020-11-05T02:08:30Z
dc.date.available 2020-11-05T02:08:30Z
dc.date.issued 2019-10-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7742
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiya 57 Medan. Konseling kelompok dengan teknik diskusi ialah layanan yang bertujuan untuk mengubah kebiasaan buruk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desainone-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan 33 pernyataan. Sampel pada penelitian ini 6 siswa dengant eknik diskusi. Berdasarkan dari hasil uji normalitas dapat diketahui bahwa hasil hasil perhitungan rata-rata mean skor kesulitan belajar sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi adalah 126,3333 dan mean setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi 72,8333. Sementara hasil kolmograf- smirnov yang diperoleh adalah sebelum (pre-test) 0,259 dan sesudah (post-test) 0,256 maka p lebih besar dari > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Dan hasil asymp. Sig (2-tailed) adalah sebelum (pretest) 0,200 dan sesudah (posttest) 0,200 maka dari hasil analisis tersebut, diketahui bahwa di mana Ho ditolak berarti distribusi pre-test dan post-test berbentuk normal. Berdasarkan tabel hasil uji T-Test pada tingkat penurunan kesulitan belajar dan post-test pada siswa menunjukkan asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.000 maka sig. (2-tailed) < 0,05 atau sig. 0,000 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh dalam menurunkan kesulitan belajar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. en_US
dc.subject Kesulitan Belajar Siswa en_US
dc.subject Teknik Diskusi en_US
dc.subject Layanan Konseling Kelompok. en_US
dc.title Penerapan Layanan Konseling Kelopok Dengan Teknik Diskusi Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan tahun ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account