dc.description.abstract |
Penelitian tindakan layanan ini dilatar belakangi oleh tingginya perilaku
prokrastinasi, khususnya pada aspek perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian
ini bertujuan untuk meminimalisir prokrastinasi bagi siswa kelas X SMA Swasta
Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019, bertempat di kelas X MIPA 6
SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan dua siklus dan kegiatan pra tindakan pada sebelumnya,
setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik
analisis deskriptif terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir,
lembar pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara dengan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diberikannya layanan informasi
terjadi peningkatan pemahaman dan pengurangan perilaku prokrastinasi siswa,
yaitu dari pra tindakan sebanyak 13 siswa dikategorikan rendah dengan persentase
47% - 54% dan 2 siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 29% -
31%. Siklus I terdapat 1 orang siswa dikategorikan sangat rendah dengan
persentase 43%, sebanyak 13 siswa dalam kategori rendah dengan persentase 46%
- 65%, dan 1 orang siswa lainnya masuk pada kategori tinggi yaitu dengan
persentase 68%. Siklus II hanya terdapat 2 orang siswa dalam kategori rendah
dengan persentase 50% – 51%, kemudian sebanyak 12 siswa telah dikategorikan
tinggi dengan persentase 67% - 85%, serta 1 orang siswa telah mencapai kategori
sangat tinggi dengan hasil persentase 89%. Disimpulkan bahwa layanan informasi
dapat menjadi tindakan preventif untuk meminimalisir prokrastinasi bagi siswa. |
en_US |