dc.description.abstract |
Dalam berkomunikasi manusia tidak hanya menggunakan bahasa verbal, akan
tetapi juga non-verbal seperti menggunakan bahasa tubuh atau body language,
kinesika atau gerakan tubuh, taktual dengan menggunakan indra peraba (kulit),
termasuk juga komunikasi visual dengan mengandalkan indra penglihatan.
Komunikasi visual menggunakan bahasa visual sebagai kekuatan utama dalam
menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Pada era digital saat
ini tidak dapat di pungkiri masyarakat sangat bergantung pada informasi yang di
dapat, hal itu sangat berkaitan dengan media massa khusunya media elektronik.
Dimana media komunikasi massa ada beberapa jenis, salah satunya yaitu radio
yang merupakan sebagai lembaga penyiaran. Radio pun tak lepas dari sasaran
para pelaku industri untuk mempromosikan produk atau iklan. Dengan adanya
pengiklan maka biaya oprasional radio akan tetap terjaga karena pentingnya iklan
bagi radio siaran, Iradio Medan yang menjadi objek pada penelitian ini merupakan
lembaga penyiaran swasta yang hadir menemani warga kota medan dengan
berbagai informasi di seputaran kota medan. .Iradio juga menyajikan musik-musik
Indonesia yang mana sesuai dengan tagline nya yaitu 100% musik Indonesia.
Teori-teori yang digunakan adalah Teori komunikasi visual, Teori AIDDA. Jenis
penelitian yang diambil Deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data peneliti
yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi,
serta dokumentasi, hasil pengamatan dan hasil pembicaraan yang dianalisi peneliti
hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancarai oleh peneliti
yaitu tiga orang, terdiri dari Okto Hardinata, selaku Marketing – Program
Kordinator, Yasmin, selaku Marketing Communication Grand Mercure Medan,
Didik Praja, selaku Wirausaha – Pengelola Ayam Bakar Tepok Ringroad. Dari
hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa e-flyer merupakan media yang
efektif digunakan sebagai alat untuk melakukan promosi produk atau jasa yang
diminati oleh masyarakat dengan memiliki karakteristik konsep, komposisi,
ilustrasi yang mudah dimengerti oleh masyarakat yang melihatnya. |
en_US |