dc.description.abstract |
Adanya industri periklanan yang menjadikan sebuat alat strategi untuk
memasarkan produk ke masyarakat semakin pesat dan maju dalam hal kreatifitas
pemasaran dan promosi produk atau jasa menyebabkan persaingan yang semakin
kuat dalam menarik untuk merebut pasar. Oleh karena itu, diperlukan strategi
yang terencana dalam mendapatkan perhatian dan hati masyarakat. Menurut
Stephanie K. Marrus, seperti yang dikutip Sukristono dalam buku Strategic
Management in Action oleh (Husein, 2008:31) Strategi didefinisikan sebagai
suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan
jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara dalam upaya bagaimana
agar tujuan tersebut dapat dicapai. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Ratu
Cell Padang Bulan. Penelitian dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran
“OPPO” Dalam Meningkatkan Penjualan Produk”, memiliki rumusan masalah
bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran “OPPO” dalam meningkatn
penjualan produk. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran dalam meningkatan penjualan produk dan faktor-faktor
apa saja yang diperhatikan dalam meningkatkan penjualan produk. Teori-teori
yang digunakan adalah teori komunikasi, teori strategi komunikasi , teori
komunikasi pemasaran, teori S-O-R, dengan anggapan dasar komunikasi
dibutuhkan dalam penjualan produk dan produk yang diperjual belikan haruslah
memiliki orang-orang yang mempunyai strategi dalam memasrkan sebuah produk.
Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap
pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka
dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengamatan, dan hasil
pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan.
Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 3 (tiga) orang terdiri dari
Manajer Toko, sales marketing dan calon pembeli dengan mengajukan masingmasing
10
(sepuluh)
pertanyaan
untuk
memenuhi
kebutuhan
dari
penelitian
yang
dilakukan
oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan
bahwa strategi yang dilakukan OPPO untuk meningkatkan penjualan produk
memenuhi ekspetasi konsumen dan membuat kenyamanan dan kepercayaan yang
mendalam terhadap konsumen. |
en_US |