dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Pembelajaran Blended
Learning Berbasis Google Form Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis
google form. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
yaitu dengan menganalisa 10 jurnal yang berkaitan dengan permasalahan dalam
penelitian ini. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data menggunakan alat
instrumen berupa observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang
diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa :menggunaan
model pembelajaran blended learning lebih efektif dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional dengan sistem tatap muka maupun dengan sistem e-
learning atau pembelajaran online. Manfaat blended learning antara lain proses
belajar mengajar tidak hanya tatap muka saja tetapi ada penambahan waktu
pembelajaran dengan memanfaatkan media online. Mempermudah dan
mempercepat proses komunikasi antara guru dengan siswa (mitra belajar), serta
membantu proses perceptan pengajaran. Membantu memotivasi keaktifan siswa
untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini akan membentuk sikap
kemandirian belajar pada siswa seperti siswa mencari materi dalam berbagai cara
antara lain mencari keperpustakaan, menanyakan kepada teman kelas atau teman
saat online, membuka website, mencari materi belajar melalui portal maupun
blog. |
en_US |