Research Repository

Komunikasi Pembangunan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan Dalam Meningkatkan Eksistensi Pasar Tradisional Halat (Studi Pada Pasar Tradisional Halat Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author Hanunim
dc.date.accessioned 2020-11-04T08:34:15Z
dc.date.available 2020-11-04T08:34:15Z
dc.date.issued 2019-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7608
dc.description.abstract Kehadiran pasar modern menggeser kegiatan ekonomi rakyat yang bergerak di pasar tradisional. Adanya pasar modern menjadi kekhawatiran tersendiri oleh sebagian pedagang di pasar tradisional maka Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan terus berupaya untuk menghidupkan pasar tradisional agar tidak tergeser oleh keberadaan pasar modern yang kian merata diberbagai tempat. Sehingga eksistensi pasar tradisional dan minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional terus meningkat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Pembangunan yang digunakan oleh Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan untuk meningkatkan eksistensi pasar Halat agar tingkat eksistensinya tidak tergeser oleh pasar modern. Untuk menganalisisnya digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknis analisis data model interaktif menurut Miles & Huberman. Untuk mengetahui hasilnya melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah perencanaan Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan untuk memberdayakan pasar tradisional adalah melalui membuat program penataan pasar, meletakkan pedagang berdasarkan jenisnya, melakukan pemeliharaan pasar dan komunikasi pembangunan yang digunakan untuk meningkatkan ekistensi pasar tradisional adalah strategi berdasarkan desain instruksional, partisipatori, dan pemasaran. Temuan dalam penelitian ini adalah keberadaan pasar modern bukanlah faktor utama sepinya pembeli disebagian pasar tradisional. Pasar modern dan pasar tradisional mempunyai target pasar dan segmentasi yang berbeda sesuai dengan tingkat ekonomi dan kebutuhan konsumen. Walaupun temuan yang ditemukan seperti itu Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan masih terus melakukan upaya komunikasi pembangunan di seluruh pasar di kota Medan agar tingkat eksistensinya tidak tergeser dengan keberadaan pasar modern. en_US
dc.subject Eksistensi en_US
dc.subject Komunikasi Pembangunan en_US
dc.subject Pasar Tradisional. en_US
dc.title Komunikasi Pembangunan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan Dalam Meningkatkan Eksistensi Pasar Tradisional Halat (Studi Pada Pasar Tradisional Halat Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account