Research Repository

Komodifikasi Anime Sebagai Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Anime One Piece Di Kota Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Muhammad Rifan Syukhori
dc.date.accessioned 2020-11-04T08:02:14Z
dc.date.available 2020-11-04T08:02:14Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7564
dc.description.abstract Perkembangan cepat teknologi dan komunikasi di era sekarang membuat semua hal dapat di akses dengan mudah melalui teknologi. Proses sosial budaya yang terjadi di era revolusi informasi sudah menjadi bahasan yang menarik dalam kaidah ilmu sosial sejak lama. Termasuk pembahasan terkait dengan proses komodifkasi budaya yang merupakan proses perubahan nilai guna menjadi sebuah nilai tukar. Komodifikasi budaya yang merubah budaya sehingga menjadi sebuah budaya populer merupakan hal yang menarik. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Komunitas One Piece ID Medan. Penelitian dengan judul “Komodifikasi Anime Sebagai Budaya Populer”, memiliki rumusan masalah Bagaimanakah proses komodifikasi Anime One Piece sehingga menjadi Budaya Populer yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses Komunikasi dan Komodifikasi Budaya Anime One Piece pada komunitas Anime One Piece. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi, teori komodifikasi, proses komodifikasi, tipe komodifikasi, perspektif komodifikasi budaya, teori anime, teori budaya, teori budaya populer, komunitas dan fan culture. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengataman, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 5 (lima) orang narasumber terdiri dari Pimpinan, sekretaris dan anggota komunitas One Piece ID Medan dengan mengajukan masing-masing 10 (sepuluh) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Proses Komodifikasi Anime Sebagai Budaya Populer yang ada di Komunitas One Piece ID Medan sudah berjalan sangat baik. Berdasarkan adanya timbal balik dari arus komunikasi dan tren budaya yang timbul di masyarakat dengan adanya komunitas anime One Piece ID Medan yang menjadi wadah bagi para penggemar anime One Piece dalam bertukar informasi maupun menyebarkan budaya tersebut. sehingga masyarakat dapat menerima adanya budaya tersebut. Masyarakat juga banyak yang mengikuti tren budaya contohnya meniru gaya menyerupai karakter yang ada dalam anime en_US
dc.subject Komodifikasi en_US
dc.subject Anime en_US
dc.subject Budaya Populer en_US
dc.title Komodifikasi Anime Sebagai Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Anime One Piece Di Kota Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account