Abstract:
Sistem pengendalian intern merupakan suatu proses/kegiatan membandingkan kinerja yang
sebenarnya dengan yang direncanakan mengenai pengeluaran kas. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Pengupahan yang diterapkan oleh PT.
Ocean Centra Furnindo Medan, apakah telah sesuai dengan tujuan sistem pengendalian intern. Permasalahan
yang timbul dalam penelitian ini adalah dimana terjadi perangkapan tugas antara fungsi pencatat waktu dengan
fungsi operasi dan tidak diotorisasinya kartu jam kerja oleh fungsi pencatatan waktu. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif untuk melakukan analisa terhadap sistem pengendalian intern
penggajian dan pengupahan perusahaan. Dalam hal penilaian terhadap efektivitas perusahaan, penulis
melakukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara yaitu melakukan tanya jawab
secara langsung oleh pihak yang berkompeten dan berwenang, juga dilakukan teknik dokumentasi yaitu melalui
pencatatan dan penggandaan data sekunder dan observasi yaitu pengamatan langsung terhadap kondisi yang
terjadi di perusahaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan menggunakan penilaian diukur dengan kelima unsur
sistem pengendalian intern pengeluaran kas yang diterapkan oleh PT. Ocean Centra Furnindo Medan belum
sesuai dengan tujuan sistem pengendalian intern. Hal ini disebabkan karena dalam praktiknya pegawai Pt.
Ocean Centra Furnindo Medan belum melaksanakan dengan baik mengenai sistem pengendalian intern yang
telah di buat oleh perusahaan yang akan mengakibatkan tidak terjaminnya keamanan aset perusahaan.