Abstract:
Piutang usaha perusahaan pada umumnya merupakan salah satu aset
perusahaan yang sangat penting dalam perusahaan dimana membutuhkan
pengelolaan dan pengawasan yang baik. Pengendalian intern merupakan salah
satu cara mengantisipasi kecurangan dan mengantisipasi kemungkinan piutang tak
tertagih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah
penerapan sistem pengendalian intern piutang pada PT. Prima Kencana sudah
efektif, dimana penelitian ini dilakukan di kantor PT. Prima Kencana Advertising
yang beralamat di Jalan Bilal Ujung No. 244 kel. Pulo Brayan Darat I, Kec.
Medan Timur, Medan 20239, Sumatera Utara – Indonesia. PT. Prima Kencana
Advertising merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya menyediakan jasa
berupa titik-titik strategis untuk pembelian ruang iklan pada berbagai media massa
seperti billboard, baliho, hando, videotron dan surat kabar. Selain meneydiakan
titik iklan, Prima Kencana juga memproduksi segala jenis reklame yang
berkualitas.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan
teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara dan teknik
dokumentasi. Dan teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif yaitu metode analisis dengan terlebih dahulu mengumpulkan
data, mengklasifikasikan serta menafsirkan data sehingga dapat memberikan
gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan
penerapan pengendalian intern piutang belum sepenuhnya berjalan efektif. Hal ini
dapat dilihat dari kelima komponen pengendalian intern, unsur aktivitas
pengendalian, unsur informasi dan komunikasi kurang efektif, sedangkan unsur
lingkungan pengendalian, unsur penilaian resiko, serta unsur pemantauan atau
pengawasan telah berjalan efektif.