Abstract:
Penjualan adalah salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan
menentukan bagi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu untuk
memperoleh laba untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Karena
penjualan merupakan salah satu pendapatan, maka harus dilakukan pengedalian
intern yang baik untuk menjaga penjualan tersebut dari hal-hal buruk yang
mungkin terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian
intern terhadap penjualan pada PT. Pratama Mandiri Sejahtera Medan guna
mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengendalian intern penjualan yang
diterapkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang mengambil suatu
objek penelitian yaitu PT. Pratama Mandiri Sejahtera Medan dengan metode
penelitian deskriptif kualitatif, berupa kata-kata lisan atau tulisan tentang tingkah
laku manusia yang dapat diamati. Metode pengumpulan dengan wawancara,
observasi, dokumentasi, studi literatur dan menggunakan validitas data. Penelitian
ini di peroleh dengan menggunakan triangulasi teori, yakni dengan cara
membandingkan hasil dari pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen dengan
teori yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur pengendalian intern
menurut COSO atas penjualan belum memadai karena tidak adanya bagian kredit,
tidak tertulisnya SOP, tidak adanya batas maksimum kredit, tidak adanya otorisasi
dari bagian pengiriman yang dijelaskan dengan menggunakan kata-kata.