dc.description.abstract |
Destinasi wisata di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun
ke tahun, ini berdampak baik pada pendapatan asli daerah, menambah devisa Negara,
membuka lapangan kerja dan kesempatan berusaha, dalam menarik wisatawan di
perlukan peran aktif pemerintah daerah dalam mempromosiskan objek wisata, perlu
diadakan event-event tahunan yang dikemas secara unik dan menarik sehingga
wisatawan tertarik untuk berkunjung. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki
kekayaan alam melimpah serta berbagai macam budaya, Batu Bara adalah salah satu
Kabupaten yang memiliki sebuah pulau yaitu Pulau Salah Nama, pulau ini sudah
banyak juga dikenali oleh masyarakat Sumatera Utara sabagi tempat wisata yang
harus dikungjungi. Uraian teoritis dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Pola
Komunikasi, Pariwisata, Mempromosikan Priwisata, Pemerintah, Pulau Salah Nama,
Teori AIDDA. Pengetahuan ini bertujuan untuk Pola Komunikasi Pemerintah dalam
Mempromosikan Pulau Salah Nama, manfaat penelitian sebagai salah satu bahan
informasi atau bahan kajian untuk menambah pengetahuan dalam bidang pola
komunikasi dan promosi wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriftif kualitatif yang berarti penelitian sudah mempunyai konsep dan kerangka
konseptual. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menekan analisis proses dari
proses berpikir serta indukatif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar
fenomena yang diamati dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Penelitan ini
bertujuan untuk membuat deskripsisecara sistematis, faktual dan akurat tentang faktafakta
dan
sifat
populasi
dan
obkjek
tertentu.
Penelitian
ini
menggambarkan
objek
penelitian
melalui
wawancara
mendalah
terhadap
informan
atau
narasumber.
Narasumber
dalam
penelitian
ini
adalah
1
orang
Staff
Dinas
Pariwisata
Batu
Bara,
1
Pengelola
Pulau
Salah
Nama,
dan
2
orang
wisatawan.
Hasil
penelitian
ini
menunjukan
bahwa
dinas
pariwisata
batu
bara
mempromosikan
pulau
salah
nama
dengan
mengikuti
acara
tahunan
PRSU,
expo
tahuanan
dan
bekerja
sama
dengan
komunitas alam Melalak Odan. Hal ini juga cukup efektif dalam membantu
mempromosikan karena itu adalah hal yang merupakan alat promosi guna
meningklatlan pengunjung yang datang |
en_US |