dc.description.abstract |
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengatasi kejenuhan belajar yang
dimana peneleliti melihat banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan dalam
belajar. Fenomena yang dijumpai dilapangan dalam belajar ialah durasi jam
belajar yang cukup panjang setiap harinya dan dibarengi dengan mata pelajaran
yang cukup banyak dan cukup berat dan adanya keletihan yang dapat
menyebabkan kejenuhan belajar kepada siswa. Jenis dalam peenlitian ini ialah
jenis penelitian tindakan kelas , yang dimana objek dalam penelitian ini ialah
siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar pada kelas otomotif 1 dan 2
dengan dua siklus dan kegiatan pra tindakan pada sebelumnya, setiap siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif
terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir, lembar
pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan diberikannya Bidang Bimbingan Belajar Untuk
Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral Pada Siswa yaitu dari pra
tindakan sebanyak 13 siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 26% -
45% , pada siklus I dapat dikategorikan pada kategori rendah dengan persentase
46% - 65% , dan siklus II mendapatkan kategori tinggi dengan persentase 66% -
85% . Disimpulkan bahwa Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi
Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral dapat mengatsi kejenuhan belajar
siswa. |
en_US |