Research Repository

Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral Pada Siswa Kelas X Smk Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Arif Basuki, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-03-01T04:45:47Z
dc.date.available 2020-03-01T04:45:47Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/740
dc.description.abstract Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dimana peneleliti melihat banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar. Fenomena yang dijumpai dilapangan dalam belajar ialah durasi jam belajar yang cukup panjang setiap harinya dan dibarengi dengan mata pelajaran yang cukup banyak dan cukup berat dan adanya keletihan yang dapat menyebabkan kejenuhan belajar kepada siswa. Jenis dalam peenlitian ini ialah jenis penelitian tindakan kelas , yang dimana objek dalam penelitian ini ialah siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar pada kelas otomotif 1 dan 2 dengan dua siklus dan kegiatan pra tindakan pada sebelumnya, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir, lembar pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diberikannya Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral Pada Siswa yaitu dari pra tindakan sebanyak 13 siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 26% - 45% , pada siklus I dapat dikategorikan pada kategori rendah dengan persentase 46% - 65% , dan siklus II mendapatkan kategori tinggi dengan persentase 66% - 85% . Disimpulkan bahwa Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral dapat mengatsi kejenuhan belajar siswa. en_US
dc.subject Bidang Bimbingan Belajar en_US
dc.subject Pendekatan Behavioral en_US
dc.subject Kejenuhan Belajar en_US
dc.title Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral Pada Siswa Kelas X Smk Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account