dc.contributor.author | Tillah, Oppi Mirza | |
dc.date.accessioned | 2020-03-01T04:45:38Z | |
dc.date.available | 2020-03-01T04:45:38Z | |
dc.date.issued | 2018-01-31 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/739 | |
dc.description.abstract | Pendahuluan: Keterampilan Klinis Dasar (KKD) adalah salah satu metode pembelajaran di dunia kesehatan (khususnya kedokteran) yang berperan sebagai jembatan perantara untuk menerapkan pengetahuan prosedural dan kompetensi klinis bagi mahasiswa kedokteran. Pada proses KKD dapat digunakan metode penilaian secara lisan (responsi )untuk menilai pengetahuan dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) untuk menilai keterampilan klinis. Metode penilaian baik secara lisan maupun OSCE merupakan faktor eksternal yang memengaruhi motivasi mahasiswa. Masalah dalam penilaian menggunakan metode responsi adalah tidak terstandarisasinya pertanyaan yang akan diujikan. Metode lisan membutuhkan pertanyaan yang terstandarisasi untuk meningkatkan motivasi mahasiswa lebih mempersiapkan diri mempelajari materi sebelum mengikuti proses KKD. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh responsi pada proses KKD terhadap motivasi belajar dan mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa FK UMSU. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pretest-posttest untuk menilai pengaruh penerapan responsi pada proses KKD terhadap motivasi belajar mahasiswa FK UMSU. Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan hasil adanya perbedaan antara motivasi belajar pretest dan posttest mahasiswa FK UMSU angkatan 2015 setelah diberikan responsi terstandarisasi pada saat sebelum memulai proses KKD, yang artinya responsi terstandarisasi berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa FK UMSU. Kesimpulan: Responsi yang terstandarisasi berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa FK UMSU. | en_US |
dc.subject | Keterampilan Klinis Dasar | en_US |
dc.subject | Responsi | en_US |
dc.subject | Motivasi | en_US |
dc.title | Pengaruh Responsi Pada Proses Keterampilan Klinis Dasar (Kkd ) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |