dc.description.abstract |
Strategi komunikasi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting yaitu
bagaimana supaya suatu produk tersebut dapat di minati konsumen pasar, jadi dengan
begitu perusahaan harus bekerja keras dengan ekstra untuk membuat konsumen
tertarik dan membeli produk sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan.
Banyaknya pengrajin lokal yang saat ini bersaing dalam mempromosikan barangnya
tersebut dengan mencantumkan brand pada produk mereka tersebut agar masyarakat
dapat dengan mudah mengenali produk yang sudah mereka pakai. Salah satunya
pengrajin sepatu lokal di kota Medan. NN merupakan salah satu pengrajin sepatu
lokal di Kota Medan yang berada di Jl Bromo. NN merupakan salah satu brand yang
menaiki pasaran di antara sepatu lokal lainnya. Dimana citra merek NN membuat
konsumen percaya atas kualitas yang dibuat NN. Dengan begitu, tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran NN dalam
meningkatkan Brand Image sepatu lokal di Kota Medan. Teori yang di pakai dalam
penelitian ini merupakan teori komunikasi, komunikasi pemasaran, strategi
pemasaran, dan brand image. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang,
antara lain pemilik NN, dan konsumen sepatu lokal. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi dan juga dokumentasi selanjutnya di analisis dengan
berdasarkan kategorisasi penelitian. Hasil penelitian menghasilkan bahwa strategi
komunikasi pemasaran yang di gunakan adalah dengan mempromosikan produknya
melalui sosial media, seperti facebook, whatsApp, instagram. Tak hanya itu NN juga
melakukan pemasaran melalui mulut ke mulut gunanya untuk konsumen yang tidak
memiliki sosial media tetap bisa mengetahui kualitas NN dan setiap promosi NN.
Dan mengajak onlineshop lain untuk bekerjasama dalam melakukan penjualan
produk NN, jadi dengan begitu konsumen akan lebih mengenal tentang kualitas dan
citra merek produk tersebut. |
en_US |