dc.description.abstract |
Komunikasi tatap muka adalah suatu bentuk komunikasi yang
mempertemukan secara langsung (tatap muka) antara pihak Komunikator dalam
menjalankan usaha dengan pihak yang dituju dalam artian disini produsen sebagai
penerima produk baik berupa barang ataupun jasa.Secara umum dapat dikatakan
bahwa peranan komunikasi sangat penting dalam menunjang kegiatan pemasaran
produk suatu perusahaan.Pemasaran dalam suatu perusahaan adalah aspek
terpenting untuk kelangsungan perusahaan. Tanpa adanya pemasaran yang
ditunjang oleh komunikasi yang baik oleh pelaku bisnis akan mengakibatkan
produk yang ingin dikenalkan mengalamai kendala yang signifikan.Penelitian ini
bertujuan untuk dapat megetahui bagaimana efektifitas komunikasi tatap muka
dalam pemasaran produk asuransi jiwa di PT. PT. Prudential Life Insurance
Medan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan analisis data kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang
diselidiki dengan pengamatan dengan cara menggambarkan keadaan objek
penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada.Berdasarkan hasil
dari penelitian yang telah di uraikan pada bab-bab sebelumnya makapesan yang
disampaikan oleh pengirim kepada penerima dapat dikemas secara verbal dengan
kata-kata atau nonverbal. Ada dua bentuk komunikasi yang biasanya digunakan
dalam melakukan kegiatan persuasi, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi
nonverbal.Dalam tindakan yang dilakukan oleh tenaga pemasar PT. Prudential
Life Insurance, mereka akan berdiri dengan posisi tubuh siap, kemudian
mengatupkan kedua telapak tangannya sambil sedikit menunduk dan tersenyum
kemudian mempersilahkan calon nasabah kedalam perusahaan, hanya salam
sapaan saja yang dikemas dengan menggunakan komunikasi verbal.Salah satu
contoh implementasi komunikasi persuasi didalam kegiatan membagikan brosur
ini, tenaga pemasar PT. Prudential Life Insurance menggunakan teknik persuasi
agar setiap spesifikasi yang disampaikan kepada calon nasabah mampu
dimengerti dan mengakibatkan perubahan sikap, pendapat, dan perilaku calon
nasabah |
en_US |