Research Repository

Opini Masyarakat Terkait Penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional Untuk Mempermudah Nasabah Dalam Bertransaksi

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Rizky Maikhairani
dc.date.accessioned 2020-11-04T01:44:37Z
dc.date.available 2020-11-04T01:44:37Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7286
dc.description.abstract Bank Indonesia (BI) sudah menerima 100 bank yang mengajukan penerbitan kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Data terakhir, 98 bank telah disetujui, satu bank meminta penundaan, sedangkan satu bank lain tidak akan menerbitkan kartu berlogo nasional karena menjual bisnis ritelnya. Pasalnya saat ini total kartu debit yang beredar di Indonesia mencapai 173 juta keping. Program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) juga memastikan biaya dari setiap transaksi menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) dikenakan kepada toko. Selain memberikan manfaat bagi pembeli, hal itu juga akan menguntungkan toko dan juga pihak bank. Bank tidak perlu berlomba-lomba menyebarkan mesin Electronic Data Capture (EDC) di semua toko dan penjual tidak perlu menyiapkan banyak tempat untuk kanal pembayaran satu ini. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat terkait penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi serta untuk mengetahui apa manfaat Gerbang Pembayaran Nasional dalam bertransaksi bagi masyarakat Tanjung Mulia Hilir, Lingkungan XIII, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis yang dipakai pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan modelmodel matematis, teori-teori atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif. Karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa angket kuisioner Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Dari hasil penelitian melalui penyebaran angket kuisioner kepada masyarakat Tanjung Mulia Hilir Lingkungan XIII Kecamatan Medan Deli, Kota Medan yang berjumlah 25 responden maka opini masyarakat terkait penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi adalah baik dan menguntungkan. Dikatakan baik karena Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) mempermudah para masyarakat dan nasabah dalam melakukan transaksi, baik transaksi pembayaran dan penarikan uang antar sesama Bank atau lain Bank. Kemudian menguntungkan adalah Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) memberikan keuntungan yakni Bebas bertransaksi menggunakan EDC dari Bank lain, Merchant discount rate yang lebih rendah serta cek saldo dan transaksi dari ATM lain en_US
dc.subject Penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional en_US
dc.title Opini Masyarakat Terkait Penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional Untuk Mempermudah Nasabah Dalam Bertransaksi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account