dc.description.abstract |
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan yang sangat
vital dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, tidak hanya di negara
sedang berkembang, akan tetapi juga di negara maju. Di Negara sedang
berkembang, UMKM memegang peranan penting dari perspektif kesempatan
bekerja dan sumber pendapatan bagi kelompok miskin, distribusi pendapatan dan
pengurangan kemiskinan, serta pembangunan ekonomi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana Peranan Surat Kabar Harian Medan Bisnis Dalam
Membantu Promosi UMKM di Kota Medan. Teori – teori yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Komunikasi Massa, Agenda Setting, Surat Kabar, UMKM,
Promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif yaitu data yang dianalisis dengan teknik deskriptif yang menggambarkan
kenyataan atau kejadian apa adanya yang sesuai dengan hasil sebenarnya. Metode
pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah wawancara
dengan informan penelitian sebanyak tujuh orang yang meliputi Redaktur Harian
Medan Bisnis, Wartawan Harian Medan Bisnis dan pelaku UMKM di Kota
Medan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Medan Selayang, Kecamatan
Patumbak dan Kantor Redaksi Harian Medan Jalan S. Parman, Kompleks Medan
Bisnis Center Blok A No. 5-6 Medan 20112, Sumatera Utara. Hasil penelitian
yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan Surat Kabar Harian Medan Bisnis
dalam promosi pelaku UMKM di Kota Medan yang dimuat di rubrik UKM
Harian Medan Bisnis dapat membantu para pelaku UMKM dalam promosi usaha
dan membantu para pelaku menjadi lebih di kenal oleh masyarakat luas. |
en_US |