Research Repository

Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr.Pirngadi Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Marpaung, Prama Yuda
dc.date.accessioned 2020-11-03T08:22:45Z
dc.date.available 2020-11-03T08:22:45Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7222
dc.description.abstract Pemerintah selalu berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terutama di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di RSUD Dr. Pirngadi Medan dengan menggunakan jaminan sosial untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan kesehatannya. Saat ini RSUD Dr. Pirngadi Medan telah menjalankan beberapa program jaminan sosial. Salah satu strategi dalam meningkatkan derajat kesehatan adalah mengutama kan pelayanan berkualitas kepada setiap masyarakat.Kesehatan masyarakat perlu diperhatikan dimana masih banyaknya masyarakat yang mengeluh dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit Dr. Pirngadi Medan terutama bagi pasien pengguna BPJS Kesehatan dimana pelayanan yang diberikan masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan pasien BPJS kesehatan di RSUD Dr. Pirngadi Medan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini sebanyak sepuluh orang penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Dr. Pirngadi Medan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa persepsi masyarakat pengguna BPJS kesehatan memberikan tanggapan masih kurangnya pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, fasilatas kesehatan, serta kesopanan dan keramahan dalam pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian ini prosedur pelayanan sudah cukup baik. Ketersediaan obat-obatan masih kurang lengkap, dalam melakukan pendaftaran BPJS kesahatan di Rumah Sakit Dr. Pirngadi masih ditemukannya hambatan dalam proses pendaftarannya masih cukup lama membuat pasien terlalu lama menunggu. Maka diharapkan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien khususnya pasien pengguna BPJS di rumah sakit. en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Masyarakat en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.title Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr.Pirngadi Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account