Abstract:
Pemerintah selalu berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terutama di
Provinsi Sumatera Utara tepatnya di RSUD Dr. Pirngadi Medan dengan menggunakan
jaminan sosial untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan kesehatannya. Saat
ini RSUD Dr. Pirngadi Medan telah menjalankan beberapa program jaminan sosial.
Salah satu strategi dalam meningkatkan derajat kesehatan adalah mengutama kan
pelayanan berkualitas kepada setiap masyarakat.Kesehatan masyarakat perlu
diperhatikan dimana masih banyaknya masyarakat yang mengeluh dengan pelayanan
yang diberikan oleh pihak rumah sakit Dr. Pirngadi Medan terutama bagi pasien
pengguna BPJS Kesehatan dimana pelayanan yang diberikan masih kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap
pelayanan pasien BPJS kesehatan di RSUD Dr. Pirngadi Medan. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data reduksi data (Data
Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan. Informan dalam
penelitian ini sebanyak sepuluh orang penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Dr.
Pirngadi Medan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara
dan dokumentasi menunjukkan bahwa persepsi masyarakat pengguna BPJS kesehatan
memberikan tanggapan masih kurangnya pelayanan, ketepatan waktu pelayanan,
fasilatas kesehatan, serta kesopanan dan keramahan dalam pelayanan. Berdasarkan hasil
penelitian ini prosedur pelayanan sudah cukup baik. Ketersediaan obat-obatan masih
kurang lengkap, dalam melakukan pendaftaran BPJS kesahatan di Rumah Sakit Dr.
Pirngadi masih ditemukannya hambatan dalam proses pendaftarannya masih cukup
lama membuat pasien terlalu lama menunggu. Maka diharapkan kepada pihak rumah
sakit agar meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien khususnya pasien pengguna
BPJS di rumah sakit.