Abstract:
Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis penyebab total hutang perusahaan mengalami peningkatan bahkan
melebihi jumlah ekuitas perusahaan, untuk mengetahui mengetahui dan
menganalisis jumlah pelanggan dan karyawan pada PT Pertamina (Persero)
mengalami penurunan dan mengetahui dan menganalisis pengukuran kinerja
perusahaan PT Pertamina (Persero) berdasarkan pendekatan dengan Balanced
Scorecard.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif, dengan obyek
penelitian yang dilihat dari laporan keuangan PT Pertamina (Persero) tahun 20142018.
Dimana pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dari jumlah
pengukuran kinerja yang dilakukan dengan pendekatan Balanced Scorecard .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hutang perusahaan yang besar terjadi
dikarenakan besarnya kebutuhan atas biaya operasional perusahaan, serta
penggunaan atas hutang peusahaan digunakan untuk penambahan atas asset tetap
perusahaan yang dibiayai juga dengan menggunakan hutang perusahaan, jumlah
pelanggan dan karyawan diketahui bahwa kinerja PT. Pertamina (Persero)
cenderung mengalami penurunan yang dinilai tidak cukup, dan dapat
dikatagorikan belum begitu baik, pengukuran kinerja perusahaan PT. Pertamina
(Persero) berdasarkan pendekatan dengan Balanced Scorecard cenderung
mengalami penurunan yang diukur dengan menggunakan perpektif keuangan,
perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perpektif pembelajaran
dan pertumbuhan mengalami penurunan