Abstract:
Kalimat persuasi pada iklan Shampo memiliki sifat yang bertujuan untuk
memberikan informasi berupa membujuk, perintah, saran, dan dapat
mempengaruhi konsumen agar membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penggunaan kalimat persuasi berdasarkan bentuk bahasa dan
kalimat yang dipengaruhi oleh bunyi suprasegmental. Sumber data adalah iklan
Shampo di Televisi Channel Trans TV. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan data analisis kualitatif . Teknik analisis data adalah mengunduh
video iklan Shampo yang sudah tayang di Televisi Channel Trans TV melalui
situs Youtube.com, mengumpulkan data iklan Shampo, melakukan penelaahan
data mengenai bunyi suprasegmental dan bentuk bahasa dan menyimpulkan hasil
penelitian. Hasil penelitian yang dapat diperoleh dari iklan Shampo Channel Trans
TV adalah (1) unsur bunyi suprasegmental meliputi (a) nada, (b) Tekanan, (c)
jeda, dan (2) bentuk bahasa meliputi (a) ajakan, (b) saran atau anjuran, (c)
perintah, (d) menegaskan.